Pembangunan Render Farm Untuk Blender Di Sistem Operasi Microsoft Windows

Pembangunan Render Farm Untuk Blender Di Sistem Operasi Microsoft Windows

oleh:

M.Afizurahman.G

Pembimbing:

Wawan Yunanto, S.Kom

Yusapril Eka Putra, S.si,M.T.

Abstrak:

Dalam pembuatan animasi dibutuhkan proses komputasi yang besar, terutama pada saat melakukan proses render terhadap objek 3 Dimensi (3D), yang membutuhkan waktu  relatif lama (jam-hari) pada objek animasi yang tergolong kompleks. Kompleksitas animasi diukur berdasarkan texturing, skinning, dan particle. Salah satu cara untuk mempercepat melakukan proses render yaitu dengan membangun render farm. Render farm yang dibangun menggunakan software Loki render versi 0.6.2, dimana animasi atau objek dibuat dengan menggunakan software Blender 3D versi 2.58. Untuk menjalankan proses render, maka dibutuhkan konfigurasi terhadap sebuah komputer yang bertindak sebagai Master dan  25 komputer Grunt. Master bekerja sebagai tempat penampung dan pengolahan data yang akan di rendering, dan selanjutnya fungsi Grunt akan membagi-bagi tugas dengan memecahkan data yang akan dikirim ke komputer Master untuk mempercepat melakukan proses render animasi 3D. Animasi yang diuji pada penelitian ini yaitu animasi DillingAnimation, AnimasiSeismik, dan Seismik. Dari hasil pengujian  animasi tersebut diperoleh masing-masing waktu rendering sebesar 02.47, 00.41 dan 00.17 . Selain itu perbandingan hardware juga berpengaruh terhadap lamanya proses render.

Kata Kunci: Komputasi, Blender 3D, Render farm, Loki render, Frame, Master, Grunt.

photo hasil proyek akhir:

afiz3 afiz2 afiz1

Comments are closed.