Market Basket Analysis Pola Pembelian Pelanggan Pada Toko Kue (Studi Kasus : L’cheese Factory)

Market Basket Analysis Pola Pembelian Pelanggan Pada Toko Kue
(Studi Kasus : L’cheese Factory)

oleh:

Miselina

Pembimbing:

1. Mardhiah Fadhli,S.T
2. Yohana Dewi Lulu Widyasari,S.Si.,M.T

abstrak:

Toko kue L’Cheese Factory merupakan toko kue cheese cake pertama yang ada di kota Pekanbaru. Manager L’Cheese Factory mengalami kesulitan dalam menemukan pola pembelian pelanggan dikarenakan data masih berupa data mentah, yaitu data yang belum diolah menjadi informasi bagi manager. Penelitian ini melakukan analisa tentang pola pembelian pelanggan yang ada pada toko kue L’Cheese Factory. Analisa berfokus pada keranjang belanja pelanggan dengan memanfaatkan data transaksi yang ada. Analisa dalam penelitian ini menggunakan metode Market Basket Analysis. Market Basket Analysis merupakan sebuah analisis terhadap kebiasaan konsumen membeli produk dalam waktu yang bersamaan. Penelitian ini memberikan output berupa pola pembelian pelanggan pada rentang waktu Maret hingga Oktober dengan menampilkan dua buah jenis kue yang sering dibeli secara bersamaan pada toko kue L’Cheese Factory.

Kata Kunci : Cheesecake, Manager, Market Basket Analysis, output.

photo hasil rpoyek akhir:

miselina1 miselina

Comments are closed.