Implementasi Perspektif Customer Relationship Management Dalam Perancangan Sistem Informasi Pada Butik Classic

Implementasi Perspektif Customer Relationship Management Dalam Perancangan Sistem Informasi Pada Butik Classic

oleh:

Maria Vewiliya

Pembimbing:

1. Wawan Yunanto, S.Kom., M.T
2. Meilany Dewi, S.T., M.T

Abstrak:

Butik Classic adalah toko online yang bergerak dibidang penjualan baju, sepatu, tas, aksesoris yang telah berdiri sejak tahun 2009. Proses pelayanan yang berjalan saat ini masih dilakukan melalui social media dan smartphone, sehingga Butik Classic belum bisa menganalisa strategi apa yang harus dilakukan untuk kedepannya dalam meningkatkan pelayanan dan penjualan. Melihat kondisi tersebut, Butik Classic membutuhkan pelayanan yang baik dan berperan sangat penting karena dapat membantu pelanggan mendapatkan informasi yang sangat cepat. Butik Classic membutuhkan sebuah sistem informasi berbasis web dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM). Sistem informasi berbasis web ini menerapkan empat perspektif CRM, diantaranya perspektif kolaboratif yang merupakan sistem informasi berbasis web dimana member dan admin dapat berinteraksi melalui halaman komentar, kemudian perspektif operasional yang menerapkan sms gateway mengirimkan pemberitahuan ucapan terimakasih, selamat ulang tahun dan informasi baru. Perspektif analitikal yang digunakan dari hasil report penjualan terlaris dan pelanggan yang paling loyal, penjualan terlaris adalah dress dan pelanggan yang paling loyal adalah lestari. Perspektif strategi meliputi strategi pelayanan berdasarkan dari hasil analisa. Setelah dilakukan pengujian menggunakan report penjualan, admin dapat melihat produk-produk yang terlaris sehingga pada bulan depan admin dapat menambah produk tersebut lebih banyak, dan admin juga dapat melihat pelanggan mana yang loyal terhadapat Butik Classic, dan dari hasil wawancara dengan pihak Butik Classic mendapatkan hasil 80% owner merasakan proses promosi dan penjualan lebih mudah dan langsung mengenai target pemasaran atau dapat dikatakan baik.
Keyword : Butik Classic, CRM, SMS Gateway

photo hasil proyek akhir:

maria3 maria2 maria1

Comments are closed.