Aplikasi Pembelajaran Keterkaitan Barang Dari Transaksi Penjualan Dengan Metode Market Basket Analysis (Mba)

Aplikasi Pembelajaran Keterkaitan Barang Dari Transaksi Penjualan Dengan Metode Market Basket Analysis (Mba)

Oleh:

Muliono

Pembimbing:

1. Yohana Dewi Lulu W, S.Si.,M.T.
2. Kartina Diah Kusuma Wardhani, S.T

Abstrak:

Pembelajaran market basket analysis yang dilakukan secara manual dirasa masih sulit dipahami. Pengembangan aplikasi pembelajaran market basket analysis akan meningkatkan proses belajar mengajar. Pada aplikasi pembelajaran market basket analysis ini mempunyai input minimum support, minimum confidence dan kumpulan data transaksi dalam file excel. Sistem ini memproses data transaksi penjualan menggunakan market basket analysis dengan algoritma apriori dan memangkas data transaksi penjualan dengan minimum support dan minimum confidence. Hasil dari sistem ini adalah market basket analysis dalam pernyataan “jika-maka” dan grafik yang dapat memberikan gambaran kepada pengguna berupa analisa kombinasi dari setiap barang. Setelah melakukan pengujian, sistem ini dapat memudahkan dalam belajar market basket analysis kepada mahasiswa, dengan perolehan hasil kuesioner kepada mahasiswa yang telah belajar market basket analysis sebesar 80% dari 31 responden menyatakan aplikasi pembelajaran Market Basket Analysis ini memudahkan dalam belajar dan memahami MBA dan kuesioner kepada mahasiswa yang belum belajar market basket analysis sebesar 68% dari 48 responden menyatakan aplikasi pembelajaran Market Basket Analysis ini memudahkan dalam belajar dan memahami MBA.

Kata Kunci : Market Basket Analysis, modul pembelajaran, Data mining, apriori.

photo hasil proyek akhir:

muliono3 muliono2

Comments are closed.